RADARMAKASSAR.COM – Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo, melakukan pelepasan jamaah haji Kelompok Terbang (Kloter) I Embarkasi Makassar tahun 2015 M/1436 H, di Asrama Haji Sudiang, Makassar, Kamis (20/8) malam.

Dalam sambutannya, Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo, mengatakan, pemprov Sulsel ke depannya akan terus mengupayakan agar jumlah kuota Haji Sulsel bisa bertambah sehingga mampu mengakomodir tingginya minat masyarakat muslim untuk melaksanakan ibadah haji.

Ia juga berpesan kepada para petugas jamaah haji agar selalu menjaga komunikasi dan koordinasi agar semuanya bisa berjalan dengan baik. Selain itu, ia juga berpesan kepada jamaah calon Haji agar dalam melaksanakan Ibadah Haji bisa memantapkan niat dan mengikuti segala ketentuan beribadah yang telah diperoleh pada saat manasik Haji.

Ia juga menghimbau para jamaah calon haji agar selalu menghadirkan rasa kebersamaan antara sesama jamaah haji asal Indonesia, terlebih lagi dengan saudara-saudara jamaah asal Sulsel.

“Hadirkan selalu rasa kebersamaan antara sesama jamaah Haji asal Indonesia, terlebih lagi dengan saudara-saudara jamaah asal Sulsel,” ujarnya.

Hal ini menurutnya sangat dibutuhkan karena ibadah ini juga memerlukan kerjasama dan kekompakan.

“Tunjukkan pola sikap dan perilaku yang baik, karena selain sebagai tamu Allah, para jamaah juga merupakan duta-duta bangsa. Perlihatkan budaya orang timur Indonesia yang senantiasa menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan dan persaudaraan,” pesannya.

Syahrul juga mengucapkan selamat jalan kepada para jamaah calon Haji dan berharap agar seluruhnya bisa pulang ke tanah air dengan selamat dan menjadi Haji mabrur.

Sementara itu, Kakanwil Kemenag Sulsel, Abdul Wahid Tahir, menyampaikan, Embarkasi Makassar pada tahun 2015 M/1436 H ini akan memberangkatkan sebanyak 27 kloter, 13 kloter dari Sulsel sisanya sebanyak 14 kloter dari provinsi lain di wilayah timur Indonesia.

Ia menjelaskan, pada pemberangkatan Kloter I ini, akan diberangkatkan 455 orang terdiri dari 450 jamaah calon Haji asal Kota Makassar dan Kabupaten Gowa, 1 orang pendamping rombongan, 3 orang tenaga medis, dan 1 orang pendamping ibadah.

” pada pemberangkatan Kloter I ini, akan diberangkatkan 455 orang terdiri dari 450 jamaah calon Haji asal Kota Makassar dan Kabupaten Gowa, 1 orang pendamping rombongan, 3 orang tenaga medis, dan 1 orang pendamping ibadah,” jelasnya.

Menurut jadwal, jamaah calon Haji Kloter I ini akan diberangkatkan melalui Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Makassar dengan pesawat Garuda dengan nomor penerbangan GA 1101 pada hari Jumat tanggal 21 Agustus 2015 pukul 05.20 Wita dengan tujuan Madinah. (M1)