header-int

JK-SYL Hadiri Reuni Akbar Alumni Lemhanas 2018

Rabu, 28 Mar 2018, 13:03:01 WIB - 88 View
Share
JK-SYL Hadiri Reuni Akbar Alumni Lemhanas 2018

JAKARTA - Wakil Presiden RI Jusuf Kalla (JK) dan Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo (SYL) menghadiri Reuni Akbar Alumni Lembaga Pertahanan Nasional (Lemhanas) 2018, di Balai Samudera, Jakarta Utara, Senin (27/3) malam. Kegiatan ini merupakan rangkaian dari Hari Ulang Tahun (HUT) ke-40 Ikatan Keluarga Alumni Lemhanas (IKAL).

Selain JK dan SYL, hadir juga Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian.

"Ini acara reuni akbar sekaligus memperingati HUT ke-40 tahun IKAL. Acara ini dihadiri oleh Wapres dan Panglima TNI dan Kapolri, serta para senior di Lemhanas," kata Sekretaris IKAL Komisariat Sulsel Abdul Madjid.

Sejauh ini, Sulsel merupakan salah satu IKAL Komisariat dari 12 komisariat yang ada. Gubernur Sulsel SYL dikukuhkan sebagai Ketua Komisariat Sulawesi Selatan periode 2018-2023 oleh Ketua Umum IKAL Pusat Jenderal (Purn) Agum Gumelar, Sabtu (18/3).

Komisariat IKAL Propinsi lainnya, yakni di Papua, Daerah Istimewa Yogyakarya, Jawa Timur, Maluku, Sulawesi Tengah, Aceh, Jawa Tengah, Sulawesi Utara, Jawa Barat dan Banten.

"Untuk konteks Sulsel, ini pertama kalinya hadir setelah dibentuk. Memiliki arti tersendiri. Jadi nampaknya ada beberapa pesan dari IKAL Pusat mau dijadikan acuan program ke depan, mungkin kedepan Pak Syahrul akan mengumpulkan pengurus untuk rapat," kata Madjid. 

Madjid yang merupakan Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Univeritas Hasanuddin (Unhas) ini menyampaikan pesan dari SYL. Bahwa, demi kepentingan bangsa ini, kemandirian daerah menjadi sangat penting. 

Kedua, dari Sulsel gagasan yang disampaikan, hubungan kerjasama perdagangan antara provinsi dan daerah menjadi harapan untuk perkembangan perekonomian ke depan. 

"Pak Syahrul meminta agar kebijakan di tingkat pusat betul-betul menunjukkan keberpihakan. Kalau kita pakai dalam ilmu ekonomi, pakai secara rasional, banyak daerah yang tidak bisa berkembang, itulah maksudnya harus ada keberpihakan," ungkapnya. 

Untuk keanggotan alumni, Ia berharap semua anggota yang ada di Sulsel untuk aktif dan mendaftarkan diri di Sekretariat IKAL Lemhanas Sulsel.

IKAL Lemhanas sendiri adalah wadah resmi satu-satunya organisasi, tempat berkumpulnya para alumni Lemhannas, yang merupakan gabungan dari lulusan Program Pendidikan Singkat Angkatan (PPSA), Program Pendidikan Reguler Angkatan (PPRA) dan Program Pendidikan Pemantapan Nilai (Taplai) Kebangsaan. 

Jumlah alumni Lemhanas sejak berdiri tanggal 17 Maret 1978 sampai sekarang mencapai lebih dari 22 ribu orang. Terdiri dari alumni lulusan 21 angkatan PPSA, 56 angkatan PPRA dan puluhan program pemantapan nilai kebangsaan.(*)

 

sumber : http://humas.sulselprov.go.id

Unidha BKD PEMERINTAH PROVINSI SULAWESI SELATAN
© 2018 TIM IT BADAN KEPEGAWAIAN DAERAH SULAWESI SELATAN Follow BKD SULAWESI SELATAN : Facebook Twitter Linked Youtube